WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif, WhatsApp menawarkan berbagai fitur yang memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan rekan kerja. Selain fitur dasar seperti mengirim pesan teks dan panggilan suara, WhatsApp juga memiliki fitur-fitur tersembunyi yang mungkin belum banyak diketahui oleh pengguna.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 10 fitur tersembunyi WhatsApp yang harus kamu coba. Dari fitur keamanan hingga pengaturan personalisasi, kamu akan menemukan banyak fitur menarik yang dapat membuat pengalaman menggunakan WhatsApp menjadi lebih baik dan nyaman.

1. Mode Gelap

Mode Gelap adalah salah satu fitur tersembunyi WhatsApp yang banyak dinantikan oleh pengguna. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengubah tampilan aplikasi menjadi latar belakang hitam atau gelap, yang dapat mengurangi tekanan pada mata saat menggunakan WhatsApp di malam hari atau di tempat yang kurang terang. Aktifkan Mode Gelap dengan pergi ke Pengaturan > Tampilan > Mode Gelap.

2. Pesan yang Dihapus

Pernahkah kamu mengirim pesan yang sebenarnya tidak ingin kamu kirim dan ingin segera menghapusnya? WhatsApp memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan yang sudah dikirim, baik itu pesan teks, gambar, atau video. Fitur ini sangat berguna jika kamu mengirim pesan ke orang yang salah atau jika kamu ingin menghapus jejak pesan yang dikirim. Cukup tahan pesan yang ingin kamu hapus, pilih “Hapus untuk Semua Orang,” dan pesan akan dihapus dari obrolan semua orang yang terlibat.

3. Pesan Berikutnya

Jika kamu sering berada dalam obrolan grup dengan banyak pesan, fitur “Pesan Berikutnya” sangat berguna. Fitur ini memungkinkan kamu untuk melompat ke pesan berikutnya yang belum kamu baca. Cukup ketuk tombol panah ke bawah yang muncul di bagian atas obrolan untuk langsung melompat ke pesan berikutnya yang belum kamu baca.

4. Pengaturan Privasi

WhatsApp menawarkan berbagai pengaturan privasi yang dapat membantu kamu mengontrol siapa yang dapat melihat informasi pribadi dan kapan kamu online. Kamu dapat mengatur siapa yang dapat melihat foto profil, status, dan info terakhir kali kamu online. Pengaturan ini dapat membantu menjaga privasi dan keamanan akun WhatsApp kamu.

5. Membuat Tautan Undangan Grup

Jika kamu ingin mengundang teman-teman atau rekan kerja ke dalam grup WhatsApp, kamu dapat menggunakan fitur “Membuat Tautan Undangan Grup”. Fitur ini memungkinkan kamu untuk membuat tautan undangan yang dapat kamu bagikan kepada siapa saja melalui pesan teks, email, atau media sosial. Orang lain dapat mengklik tautan tersebut untuk langsung bergabung ke dalam grup WhatsApp tanpa perlu kamu tambahkan secara manual.

6. Menandai Pesan sebagai Penting

Jika kamu ingin menyampaikan pesan yang penting atau mendesak kepada seseorang dalam obrolan grup, kamu dapat menggunakan fitur “Menandai Pesan sebagai Penting”. Fitur ini akan memberi tahu orang tersebut bahwa pesan tersebut penting dan perlu diperhatikan. Cukup tahan pesan yang ingin kamu tandai, pilih opsi “Menandai sebagai Penting,” dan orang tersebut akan menerima notifikasi khusus tentang pesan tersebut.

7. Pencarian dalam Obrolan

Jika kamu mencari pesan atau informasi tertentu dalam obrolan yang panjang, fitur “Pencarian dalam Obrolan” dapat membantu. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mencari kata kunci atau frasa tertentu dalam obrolan. Cukup ketuk ikon kaca pembesar di bagian atas obrolan dan masukkan kata kunci yang ingin kamu cari.

8. Menyembunyikan Notifikasi Pesan

Jika kamu ingin tetap terhubung dengan teman-teman melalui WhatsApp tetapi tidak ingin terganggu oleh notifikasi pesan yang terus muncul, kamu dapat menggunakan fitur “Menyembunyikan Notifikasi Pesan”. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mematikan notifikasi pesan sementara tanpa harus mematikan notifikasi seluruh aplikasi. Kamu masih dapat membaca pesan saat membuka WhatsApp, tetapi kamu tidak akan menerima notifikasi sampai fitur ini dinonaktifkan.

9. Mengarsipkan Obrolan

Jika kamu ingin membersihkan tampilan obrolan tanpa menghapusnya secara permanen, kamu dapat menggunakan fitur “Mengarsipkan Obrolan”. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menyembunyikan obrolan tertentu dari layar utama WhatsApp. Obrolan yang diarsipkan dapat dengan mudah diakses kembali dengan menggulir ke bawah pada layar utama dan menyentuh “Obrolan yang Diarsipkan.”

10. Menandai Pesan sebagai Bintang

Jika kamu ingin menandai pesan penting atau pesan yang ingin kamu simpan untuk referensi di kemudian hari, kamu dapat menggunakan fitur “Menandai Pesan sebagai Bintang”. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menandai pesan tertentu dengan bintang dan dengan mudah mengaksesnya kembali di kemudian hari. Cukup tahan pesan yang ingin kamu tandai, pilih opsi “Tandai dengan Bintang,” dan pesan tersebut akan ditandai dan tersimpan dalam kategori “Pesan yang Diberi Bintang.”

Dalam artikel ini, kita telah menjelajahi 10 fitur tersembunyi WhatsApp yang harus kamu coba. Dari Mode Gelap hingga Menandai Pesan sebagai Bintang, WhatsApp menawarkan banyak fitur menarik yang dapat meningkatkan pengalaman penggunaan aplikasi ini. Jadi, jangan ragu untuk mencoba fitur-fitur ini dan temukan cara baru untuk menggunakan WhatsApp dengan lebih efisien dan maksimal!

Share: