Whatsapp telah lama menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan, aplikasi ini terus menghadirkan fitur-fitur baru yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satu segmen pengguna yang sangat diuntungkan dengan pembaruan terbaru adalah pengguna bisnis. Dalam artikel ini, kami akan membahas fitur-fitur terbaru Whatsapp yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pengguna bisnis.

1. Tampilan Profesional: Fitur terbaru Whatsapp untuk pengguna bisnis adalah kemampuan untuk mengubah tampilan profil bisnis Anda menjadi lebih profesional. Anda dapat menambahkan logo perusahaan, informasi kontak, dan alamat kantor langsung dari aplikasi Whatsapp. Ini membantu pengguna bisnis memperlihatkan identitas mereka secara jelas kepada pelanggan.

2. Pesan Salam: Fitur salam di Whatsapp memungkinkan pengguna bisnis menyambut pelanggan baru dengan pesan otomatis. Anda dapat mengatur pesan salam untuk dikirim saat pelanggan pertama kali menghubungi akun bisnis Anda. Pesan salam ini dapat berisi informasi tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan, atau pesan menyambut yang ramah untuk memulai percakapan.

3. Label Pesan: Whatsapp sekarang memungkinkan pengguna bisnis untuk memberi label pada pesan untuk mengelompokkan dan mengatur percakapan dengan lebih baik. Anda dapat membuat label seperti “Pelanggan Baru”, “Pembayaran”, atau “Pengiriman” untuk memudahkan Anda dalam menemukan pesan-pesan yang relevan dan memberikan tanggapan yang cepat kepada pelanggan Anda.

4. Statistik Pesan: Fitur analitik Whatsapp memberikan pengguna bisnis informasi penting tentang kinerja pesan mereka. Anda dapat melihat berapa banyak pesan yang dikirim, diterima, dan dibaca oleh pelanggan Anda. Statistik ini membantu Anda dalam memahami seberapa efektif kampanye pemasaran melalui Whatsapp dan membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan hasilnya.

5. Pesan Cepat: Fitur pesan cepat memungkinkan Anda menyimpan pesan yang sering digunakan dan mengirimnya dengan cepat. Misalnya, jika Anda sering mengirimkan informasi kontak atau instruksi kepada pelanggan, Anda dapat menyimpannya sebagai pesan cepat dan mengirimkannya hanya dengan beberapa ketukan. Ini membantu Anda menghemat waktu dan mempermudah komunikasi dengan pelanggan.

6. Katalog Produk: Jika Anda menjual produk, fitur katalog produk di Whatsapp sangat berguna. Anda dapat membuat katalog produk Anda sendiri dan membagikannya dengan pelanggan Anda melalui aplikasi. Pelanggan dapat melihat gambar, deskripsi, dan harga produk dengan mudah. Ini memudahkan pelanggan dalam memilih dan memesan produk yang mereka inginkan dengan lebih cepat dan efisien.

7. Pesan Kelompok yang Lebih Besar: Sebelumnya, Whatsapp membatasi jumlah anggota dalam pesan kelompok menjadi 256 orang. Namun, dengan pembaruan terbarunya, Whatsapp memperluas batasan ini menjadi 500 orang. Jika Anda memiliki bisnis dengan tim besar atau ingin berkomunikasi dengan pelanggan dalam pesan kelompok, ini adalah fitur yang sangat bermanfaat.

8. Tautan Pembayaran: Fitur tautan pembayaran memungkinkan pengguna bisnis menerima pembayaran langsung melalui Whatsapp. Anda dapat mengirimkan tautan pembayaran kepada pelanggan melalui aplikasi, dan mereka dapat membayar melalui ponsel mereka dengan mudah. Ini mempercepat proses pembayaran dan meningkatkan kenyamanan bagi pelanggan Anda.

9. Pemberitahuan Khusus: Whatsapp sekarang memungkinkan Anda untuk mengatur pemberitahuan khusus untuk pesan penting dari pelanggan. Anda dapat mengaktifkan fitur ini untuk memastikan bahwa pesan penting dari pelanggan tidak terlewatkan. Ini sangat berguna dalam situasi di mana Anda ingin memberikan tanggapan cepat atau menindaklanjuti pesanan dari pelanggan.

10. Akses ke API: Untuk bisnis yang lebih besar dengan kebutuhan komunikasi yang kompleks, Whatsapp menyediakan akses ke API mereka. Dengan akses ini, Anda dapat mengintegrasikan Whatsapp dengan sistem bisnis Anda sendiri dan mengotomatiskan proses komunikasi dengan pelanggan. Ini membantu meningkatkan efisiensi dan mempercepat tanggapan terhadap pelanggan bisnis Anda.

Dalam kesimpulan, Whatsapp terus menghadirkan fitur-fitur baru yang bermanfaat bagi pengguna bisnis. Fitur-fitur ini membantu meningkatkan profesionalitas, efisiensi, dan efektivitas komunikasi antara bisnis dan pelanggan. Dengan memanfaatkan fitur-fitur terbaru ini, pengguna bisnis dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan, meningkatkan penjualan, dan mengoptimalkan operasional bisnis mereka.

Share: