iPhone adalah salah satu smartphone paling populer di dunia, tetapi banyak pengguna tidak menyadari bahwa ada banyak fitur yang jarang diketahui namun dapat sangat berguna. Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi beberapa fitur iPhone yang mungkin belum Anda ketahui, tetapi dapat meningkatkan pengalaman penggunaan Anda dengan perangkat ini.

1. Perekam Layar

Fitur perekam layar di iPhone memungkinkan Anda merekam aktivitas di layar perangkat Anda. Ini sangat bermanfaat saat Anda ingin berbagi tutorial, menjelaskan masalah teknis kepada seseorang, atau bahkan merekam momen bermain game. Anda dapat mengakses fitur ini dengan menggeser ke atas dari bagian bawah layar dan mengetuk ikon perekam layar.

2. Mode Malam

Mode Malam memungkinkan Anda mengubah tampilan layar iPhone menjadi lebih lembut pada malam hari. Ini dapat membantu mengurangi kelelahan mata dan memperbaiki kualitas tidur Anda. Anda dapat mengaktifkan Mode Malam melalui Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Mode Malam.

3. Pemindai Kode QR Terintegrasi

iPhone memiliki pemindai kode QR terintegrasi yang memungkinkan Anda dengan mudah membaca kode QR tanpa perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga. Cukup buka aplikasi Kamera, arahkan ke kode QR, dan iPhone Anda akan secara otomatis mengenali dan menafsirkan kode tersebut.

4. Teks Prediktif yang Cepat

Teks prediktif pada iPhone menggunakan kecerdasan buatan untuk memprediksi kata-kata yang akan Anda ketikkan, sehingga mempercepat proses pengetikan. Ia juga belajar dari kebiasaan pengetikan Anda sehingga dapat memberikan saran yang lebih akurat seiring waktu. Anda dapat mengaktifkannya melalui Pengaturan > Umum > Papan Ketik > Teks Prediktif.

5. Pembaruan Aplikasi Otomatis

Dengan mengaktifkan pembaruan aplikasi otomatis, iPhone Anda akan secara otomatis mengunduh dan menginstal pembaruan terbaru untuk aplikasi yang terpasang di perangkat Anda. Ini memastikan Anda selalu menggunakan versi aplikasi yang paling aman dan canggih tanpa harus memeriksa pembaruan secara manual setiap saat. Anda dapat mengaktifkannya melalui Pengaturan > iTunes & App Store > Unduh Pembaruan App.

6. Mode Hemat Baterai

Jika baterai iPhone Anda hampir habis dan Anda tidak memiliki akses ke sumber daya daya, Mode Hemat Baterai dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai Anda. Mode ini membatasi aktivitas latar belakang, mengurangi animasi, dan membatasi fitur yang menguras baterai. Anda dapat mengaktifkannya melalui Pengaturan > Baterai > Mode Hemat Baterai.

7. Kunci Aplikasi dengan Sidik Jari

Jika Anda ingin menjaga privasi data di aplikasi tertentu, iPhone memungkinkan Anda mengunci aplikasi dengan sidik jari Anda menggunakan fitur Touch ID atau Face ID. Ini berguna ketika Anda ingin melindungi data pribadi, seperti pesan atau foto, dari akses orang lain. Anda dapat mengaktifkannya melalui Pengaturan > Touch ID & Kode atau Face ID & Kode.

8. Pencarian dalam Aplikasi

iPhone memungkinkan Anda melakukan pencarian dalam aplikasi, sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan konten spesifik tanpa harus membuka aplikasi terlebih dahulu. Gunakan fitur ini dengan menggeser ke bawah dari layar utama dan memasukkan kata kunci pencarian Anda di bilah pencarian.

9. Pembaruan Lokasi Latar Belakang yang Cerdas

Fitur Pembaruan Lokasi Latar Belakang yang Cerdas memungkinkan iPhone Anda secara otomatis memperbarui lokasi Anda tanpa menguras baterai dengan menggabungkan data dari Wi-Fi, jaringan seluler, dan sensor lainnya. Ini sangat berguna untuk aplikasi yang memerlukan pembaruan lokasi terkini, seperti aplikasi cuaca atau navigasi. Anda dapat mengaktifkannya melalui Pengaturan > Privasi > Lokasi > Layanan Sistem > Pembaruan Lokasi Latar Belakang.

10. Mode Tidur

Mode Tidur pada iPhone memungkinkan Anda untuk mengatur waktu tidur dan membantu Anda menghindari gangguan selama malam hari. Dalam Mode Tidur, layar iPhone akan menjadi gelap dan notifikasi akan ditahan hingga Anda bangun. Aktifkan Mode Tidur melalui Pengaturan > Mode Tidur.

Dalam kesimpulan, iPhone memiliki banyak fitur yang jarang diketahui namun sangat berguna. Dari perekam layar hingga mode hemat baterai, fitur-fitur ini dapat meningkatkan pengalaman penggunaan Anda dengan perangkat ini. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi fitur-fitur ini dan manfaatkan semua potensi yang ditawarkan oleh iPhone Anda.

Share: