Menikmati piknik bersama keluarga atau teman-teman adalah kegiatan yang menyenangkan. Namun, seringkali kita tergoda untuk membawa makanan yang tidak sehat, seperti camilan manis atau makanan cepat saji. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya mempersiapkan bekal makanan sehat yang praktis untuk piknik. Dengan begitu, Anda tetap bisa menikmati hidangan lezat tanpa harus merasa bersalah. Berikut ini adalah 10 resep makanan sehat untuk bekal bawa piknik yang praktis.

1. Sandwich Sayuran Segar
Siapkan roti gandum, lalu tambahkan irisan tomat, mentimun, daun selada, dan potongan wortel. Berikan sedikit saus mayo rendah lemak sebagai tambahan untuk rasa yang lebih lezat.

2. Salad Buah
Campurkan potongan buah-buahan segar seperti apel, anggur, pisang, dan jeruk dalam wadah. Tambahkan juga yogurt rendah lemak sebagai dressingnya. Rasanya segar dan sangat menyehatkan!

3. Telur Rebus
Telur rebus adalah pilihan yang praktis dan penuh gizi. Anda dapat memasukkan beberapa telur rebus dalam wadah kecil dan menambahkan sedikit garam dan merica sebagai penambah rasa.

4. Wrap Sayuran
Ambil selembar tortilla gandum, lalu tambahkan irisan sayuran seperti paprika, selada, dan wortel. Gulung rapat-rapat dan bungkus dengan plastik wrap untuk memudahkan saat makan.

5. Smoothie Segar
Blender beberapa potong buah-buahan segar seperti pisang, mangga, dan strawberry dengan tambahan yogurt rendah lemak atau susu almond. Sajikan dalam botol minum dan nikmati selama piknik.

6. Edamame Panggang
Panggang edamame dengan sedikit minyak zaitun dan taburan garam. Edamame panggang ini tinggi protein dan serat, sehingga cocok sebagai camilan sehat saat piknik.

7. Salad Quinoa
Campurkan quinoa matang dengan potongan sayuran seperti tomat, mentimun, dan brokoli. Tambahkan juga potongan daging ayam rebus atau ikan panggang untuk tambahan protein.

8. Wraps Ayam
Siapkan daging ayam panggang yang sudah diiris tipis. Tambahkan irisan sayuran seperti wortel, selada, dan timun. Berikan sedikit saus sambal atau mustard rendah lemak untuk rasa pedas yang lezat.

9. Muffin Pisang
Buat muffin pisang dengan menggunakan tepung gandum utuh, pisang matang, telur, dan sedikit madu. Muffin ini dapat menjadi alternatif camilan yang sehat dan lezat.

10. Nuggets Ayam Oven
Buat nugget ayam sendiri dengan menggunakan daging ayam cincang, tepung roti, dan rempah-rempah. Panggang nugget di dalam oven untuk menghindari penggunaan minyak berlebihan.

1. Sandwich Sayuran Segar

Sandwich sayuran segar adalah pilihan yang praktis dan sehat untuk bekal piknik. Dengan menggunakan roti gandum sebagai alasnya, tambahkan irisan sayuran seperti tomat, mentimun, daun selada, dan potongan wortel. Tambahkan sedikit saus mayo rendah lemak untuk memberikan rasa yang lebih lezat.

2. Salad Buah

Salad buah adalah hidangan yang segar dan menyehatkan untuk dikonsumsi saat piknik. Campurkan potongan buah-buahan segar seperti apel, anggur, pisang, dan jeruk dalam sebuah wadah. Tambahkan yogurt rendah lemak sebagai dressingnya. Rasanya sangat lezat dan memberikan asupan gizi yang baik.

3. Telur Rebus

Telur rebus adalah pilihan bekal yang praktis dan mengenyangkan. Anda dapat memasukkan beberapa telur rebus dalam wadah kecil dan menambahkan sedikit garam dan merica sebagai penambah rasa. Telur rebus kaya akan protein dan nutrisi penting lainnya.

4. Wrap Sayuran

Wrap sayuran adalah hidangan yang praktis dan mudah diangkut saat piknik. Ambil selembar tortilla gandum, lalu tambahkan irisan sayuran seperti paprika, selada, dan wortel. Gulung rapat-rapat dan bungkus dengan plastik wrap untuk memudahkan saat makan. Rasanya lezat dan memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh.

5. Smoothie Segar

Smoothie segar adalah minuman yang menyegarkan dan bergizi untuk dikonsumsi saat piknik. Blender beberapa potong buah-buahan segar seperti pisang, mangga, dan strawberry dengan tambahan yogurt rendah lemak atau susu almond. Sajikan dalam botol minum dan nikmati selama piknik. Smoothie ini mengandung serat dan vitamin yang baik untuk tubuh.

6. Edamame Panggang

Edamame panggang adalah camilan sehat yang tinggi protein dan serat. Panggang edamame dengan sedikit minyak zaitun dan taburan garam. Edamame panggang ini dapat dinikmati dengan praktis saat piknik dan memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas.

7. Salad Quinoa

Salad quinoa adalah hidangan yang mengenyangkan dan sehat untuk bekal piknik. Campurkan quinoa matang dengan potongan sayuran seperti tomat, mentimun, dan brokoli. Tambahkan juga potongan daging ayam rebus atau ikan panggang untuk tambahan protein. Dressing salad dapat menggunakan sedikit saus salad rendah lemak.

8. Wraps Ayam

Wraps ayam adalah hidangan praktis yang mengandung protein dan serat. Siapkan daging ayam panggang yang sudah diiris tipis. Tambahkan irisan sayuran seperti wortel, selada, dan timun. Berikan sedikit saus sambal atau mustard rendah lemak untuk rasa pedas yang lezat. Bungkus dengan plastik wrap agar mudah dibawa saat piknik.

9. Muffin Pisang

Muffin pisang adalah camilan sehat yang lezat untuk dikonsumsi saat piknik. Buat muffin pisang dengan menggunakan tepung gandum utuh, pisang matang, telur, dan sedikit madu. Muffin ini dapat menjadi alternatif camilan yang sehat dan memberikan rasa manis alami dari pisang. Bungkus muffin dalam wadah kecil agar mudah dibawa saat piknik.

10. Nuggets Ayam Oven

Nuggets ayam oven adalah hidangan yang lebih sehat daripada nugget yang digoreng. Buat nugget ayam sendiri dengan menggunakan daging ayam cincang, tepung roti, dan rempah-rempah. Panggang nugget di dalam oven untuk menghindari penggunaan minyak berlebihan. Nuggets ayam oven ini dapat dinikmati dengan saus sambal rendah lemak atau saus tomat rendah gula.

Dengan mempersiapkan bekal makanan sehat untuk piknik, Anda dapat menikmati hidangan yang lezat tanpa harus merasa bersalah. Selain itu, makanan sehat juga memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas selama piknik. Cobalah resep-resep di atas dan nikmati piknik yang menyenangkan dengan keluarga atau teman-teman Anda!

Share: